Artis korea yang bunuh diri

Depresi menyebabkan artis korea bunuh diri

Artis korea yang bunuh diri kebanyakan adalah artis korea wanita. Sedangkan artis korea pria yang bunuh diri lebih sedikit jika dibandingkan dengan artis korea wanita. Hal ini disebabkan karena Depresi berat atau tekanan yang di alami tidak sanggup mereka pikul dalam kehidupan ke artisan mereka, meskipun mereka menjalani hidup yang serba mewah dan terkenal serta di idolakan banyak orang oleh penggemar mereka, itu ternyata tidak cukup sebagai pertanda bahwa mereka memiliki hidup yang sempurna atau bahagia.

Artis Korea Chae Dong Ha

Chae Dong Ha

Hidup sebagai artis korea yang penuh dengan tuntutan pekerjaan sebagai artis oleh para agency atau manajemen artis korea yang begitu tinggi dan membuat mereka tidak memiliki waktu luang yang lebih bebas sebagai pribadi mereka sendiri. Dari jadwal pekerjaan yang penuh, hingga manajemen artis yang menuntut akan banyak hal sampai kehidupan pribadi mereka, mereka harus menjaga citra sebagai artis, dan sampai jadwal latihan yang begitu ketat hingga membuat mereka merasa lelah sebagai artis, bahkan ada manajemen artis yang mengatur dengan siapa artis tersebut boleh berkencan. Banyak hal pribadi seperti itulah yang mengakibatkan mereka mengalami depresi berat.

Artis korea bunuh diri juga karena kekerasan seksual

Selain karena depresi berat yang telah dialami oleh artis-artis korea yang bunuh diri, pemaksaan seksual dan pelecehan seksual atau kekerasan seksual juga menjadi salah satu alasan mengapa banyak artis korea wanita mengakhiri hidupnya dengan cara bunuh diri. Menurut hasil penelitian yang telah dilakukan oleh instanti terkait terhadap artis korea, ternyata banyak dari artis korea yang mengalami pemaksaan seksual dan yang mengalami kekereasan atau pelecehan seksual. Pemaksaan seksual dan pelecehan seksual biasanya dilakukan oleh para agency mereka sendiri, dimana sebagian dari artis korea wanita mereka dipaksa untuk melayani bos bos rumah produksi tempat mereka bernaung dan juga ada kabar bahwa mereka juga disuruh untuk melayani relasi bos rumah produksi, ini demi kepentingan bisnis bos bos rumah produksi tempat para artis korea wanita tersebut bernaung.

Artis Korea Jang Ja Yeon

Jang Ja Yeon

Salah satu artis korea bunuh diri karena pelecehan seksual atau kekerasan seksual dialami oleh artis korea wanita yang bernama Jang Ja Yeon. Dia melakukan bunuh diri karena tidak tahan akan kekerasan seksual yang telah dialaminya. Jang Ja Yeon menulis alasannya bunuh diri karena adanya eksploitasi dan juga pelecehan seksual yang dialaminya selama berkarir di dunia hiburan negara tersebut.
Dalam tujuh catatan yang dibuat artis yang bermain di serial ‘Boys Before Flowers’ sebelum dia menghembuskan napas terakhirnya, menceritakan betapa kejamnya dunia hiburan tanah air. Dia diduga dipaksa menjadi budak seks untuk orang-orang kaya di sana demi memuluskan karirnya sebagai artis korea.

Dalam 7 catatan yang sudah ditulis oleh artis yang membintangi serial “Boys Before Flowers” sebelum dia bunuh diri, memceritakan bahwa dunia hiburan di negara tanah airnya korea begitu keras dan kejam. Jang Ja Yeon diduga dipaksa menjadi pemuas nafsu birahi atau budak seks untuk orang-orang kaya di sana demi memuluskan karirnya sebagai artis. Ini tentunya dilakukan olah agency mereka atau tempat dimana rumah produksi mereka bernaung yang telah mempopulerkan nama mereka.

Faktor lain kenapa artis korea bunuh diri

Hwang Sangmin adalah seorang Psikologi dari universitai Yonsei-korea telah menganalisa fenomena bunuh diri ini setelah banyaknya artis korea yang bunuh diri. Dia berpendapat bahwa orang korea itu memiliki sifat atau sikap tabah dan diam meskipun mereka dalam keadaan marah yang di sebut dengan konsep “yan”. Terutama untuk para artis korea atau selebritis, pencitraan dengan konsep yan ini dijalani dengan sangat besar atau ketat. Tapi jika sudah melebihi batas kemampuan sebagai manusia untuk menahan hal itu, mereka akan putus asa dan akhirnya memilih untuk mengakhiri hidupnya dengan cara bunuh diri.

Orang korea memiliki karakter yang sangat tertutup, Karakter seperti itu yang bisa menyebabkan artis korea akan merasa malu apabila hal pribadi mereka diketahui oleh orang lain contohnya seperti pergi ke psikiater atau depresi. Maka jika mereka berpikir hal pribadi seperti itu diketahui oleh orang lain maka akan menambah depresi mereka yang semakin berat. Faktor Agama juga tidak ketinggalan, karena sebagian besar atau setengah dari rakyat korea tidak beragama, jadi pada saat mereka mengalami depresi berat, penghargaan akan hidup menjadi sangat rendah. Kepercayaan orang korea yang masih tinggi terhadap reinkarnasi atau kehidupan kembali setelah hidup juga mendorong orang korea dengan mudah mengakhiri hidupnya dengan bunuh diri, dan berharap kehidupan baru selanjutnya akan menjadi lebih indah dan lebih baik dari yang mereka jalani sekarang.

Fakta yang sangat mengejutkan adalah data yang cukup signifikan tentang bunuh diri, banyaknya artis korea yang bunuh diri ini dimulai sejak tahun 2005 oleh Lee Eun Joo. Artis korea yang satu ini dikhawatirkan telah menjadi inspirasi oleh artis artis korea junior sekarang ini untuk mengakhiri hidupnya dengan cara bunuh diri apabila memiliki pesoalan yang dianggap begitu berat atau depresi.

Dibawah ini adalah daftar artis korea yang bunuh diri sejak tahun 2005 :

  1. Lee Eun Ju 2005
    Artis korea ini bunuh diri karena Depresi
  2. U nee 2007
    Artis korea ini bunuh diri diperkirakan juga karena depresi berat
  3. Jung Da Bin 2007
    Artis korea yang bunuh diri juga karena depresi
  4. Ahn Jae hwan 2008
    Artis korea yang bunuh diri karena memiliki hutang yang besar dan bisnisnya bangkrut
  5. Choi Jin Sil 2008
    Artis korea yang bunuh diri tidak lama setelah masa perceraian dengan istrinya
  6. Kim Ji Hoo 2008
    Aktor korea ini bunuh diri karena depresi berat
  7. Jang Ja Yeon 2009
    Artis korea yang bunuh diri diduga karena mengalami pemaksaan dan pelecehan seksual oleh orang-orang kaya di dunia hiburan. Karena ia disuruh untuk melayani bos-bos besar rekan bos rumah produksi tempat ia bernaung. Ini diketahui dari catatan catatan yang telah ditulis oleh Jang Ja Yeon
  8. Woo Seung Yoon 2009
    Artis korea bunuh diri karena depresi, ditemukan gantung diri di atas lemari pakaian dirumahnya
  9. Kim Daul 2009
    Artis korea ini bunuh diri di negara Prancis karena merasakan tekanan yang begitu berat di dunia modelling yang ia jalani
  10. Choi Jin Young 2010
    Artis korea yang bunuh diri tidak lama setelah kematian adiknya
  11. Park Yong Ha 2010
    Artis korea yang bunuh diri akibat depresi karena tekanan hidup dan karirnya sebagai seorang aktor korea dan penyanyi serta mengurusi bisnisnya dan selain itu dia juga merawat ibu bapaknya yang sedang sakit parah.
  12. Kim Yuri 2011
    Aktris korea yang bunuh diri dengan cara meminum racun karena ia mengalami depresi berat. Artis korea ini bunuh diri pada tanggal 19 April tahun 20011
  13. Chae Dong Ha 2011
    Artis korea bunuh diri kelahiran tahun 1981 yang mengakhiri hidupnya pada tanggal 27 Mei 2011 dengan cara gantung diri. Ia melakukan bunuh diri karena depresi berat yang di alaminya.

Daftar artis korea bunuh diri diatas hanya sebagian dari jumlah sebenarnnya akan warga korea yang bunuh diri. Semoga di tahun-tahun yang akan datang tidak ada lagi warga korea  ataupun artis korea yang bunuh diri.